Thursday, June 20, 2013

Cara Merawat Flashdisk


kali ini saya akan berikan tips supaya Flash Disk anda berumur panjang, baiklah berikut adalah tips yang harus anda lakukan:

Cara Merawat Flashdisk

Cara Merawat Flashdisk

Pertama, jauhkan dari medan magnet yang kuat. Barang elektronik seperti speaker aktif, handphone atau televisi tidak baik diletakkan berdekatan atau kontak langsung dengan flashdisk. Hal ini disebabkan karena flashdisk memiliki komponen sistem yang susunannya sangat detail dan terbuat dari sejenis besi atau logam. Jadi, bila didekatkan dengan magnet atau benda yang mengandung magnet, akan mengganggu komponen flashdisk yang ada di dalamnya.

Kedua, jangan lupa rutin scan virus. Ini juga penting untuk flashdisk. Sebisa mungkin flashdisk discan dengan rutin, agar kita mengetahui ada atau tidaknya virus yang bersarang pada flashdisk kita. Bukan tidak mungkin, file-file kita bisa terinfeksi virus atau bahkan laptop kita ikut tertular dari flashdisk kita.

Ketiga, bila tidak terlalu penting dan emergency, hindari mengedit langsung data langsung dati flashdisk. Ini bisa mengurangi umur flashdisk. Alternatifnya copy paste data di komputer, kemudian diedit dan setelah selesai baru kembali dicopy ke flashdisk.

Keempat, jangan sampai terkena air. Minimalkan flashdisk kontak langsung dengan air. Meskipun ada beberapa merk yang anti air, sebaiknya bermain aman jauhkan dari air.

Kelima, proses eject/stop. Setelah pemakaian flashdisk selesai, usahakan eject/stop flashdisk Anda melalui Safety remove hardware. Hindari melepas langsung flashdisk dari port usb karena siapa tahu ada proses read/write yang sedang berjalan sehingga akan berpengaruh pada arus listrik yang mengalir.

Keenam, hindari benturan keras. Berapa kali Anda menjatuhkan flashdisk Anda? Tentu Anda saja yang tahu jawabannya. Sama halnya seperti kita, bila flashdisk kita sering jatuh apalagi dari tempat yang tinggi tentu akan menyebabkan rusaknya komponen yang ada di dalamnya.

Ketujuh, jaga suhu flashdisk. Ini juga bagian yang cukup penting. Sebisa mungkin kita dituntut untuk menjaga suhu flashdisk kita agar tetap pada suhu normal. Flashdik sangat rentan pada suhu yang panas, usahakan tidak meletakkannya didalam sadel motor atau kontak langsung dengan sinar matahari.
semoga bermanfaat :)